Aplikasi Korektor Menggunakan Ms. Office Excel

Perlunya aplikasi korektor oleh sekolah memang sangat terasa. Tetapi, mahalnya biaya pengadaan alat dan software dari aplikasi korektor atau yang lazim disebut Aplikasi Scanner LJK.

Berangkat dari hal tersebut, maka sejak tahun pelajaran 2010/2011 saya mencoba mencari-cari “surfing” tentang langkah-langkah pembuatan aplikasi ini. Nah, akhirnya ketemu solusi yang mudah yaitu dengan menggunakan Microsoft office excel. Karena selain tanpa memerlukan perangkat keras tambahan yang lebih mahal, pembuatan program ini terbilang lebih mudah dan user friedly alias mudah digunakan.

Namun kelemahannya adalah kita masih harus meng input data hasil kerja siswa berikut kuncinya. Namun dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan maka ini terbilan cukup murah meriah.

Selain itu pada aplikasi ini kita juga bisa langsung tahu analisis hasil ujian siswa per indikator maupun per nomor soal, kemudian rekapitulasi dari tiga mapel yang diujikan (dalam hal ini program ini saya pakai untuk Tryout UN).

Langkah-langkahnya cukup mudah:

  1. Buka Aplikasi_Korektor v.1.2

  2. Klik “Enable Macro “atau “Option”à“Enable Macro” (untuk office 2007)

  3. Di halaman utama kita isikan data sekolah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ujian yang dilaksanakan.

  4. Isikan Data Siswa dengan mengklik Tombol “Data Siswa”.

  5. Masuk ke Entri Data BI atau Entri Data MTK atau Entri Data IPA, untuk memasukkan kunci dan menginput data hasil pekerjaan siswa.

    a. Tombol Entri Data

    b. Halaman Entri Data

  6. Terakhir tinggal kita lihat Laporan untuk masing-masing mata pelajaran yang diujikan atau “Rekap Akhir” dari keseluruhan mata pelajaran yang diujikan.

Nah jika tertarik, anda bisa mendownloadnya di sini >> http://tny*cz/a7e3caec [ganti tanda bintang (*) dengan tanda titik ( . )]

9 responses to “Aplikasi Korektor Menggunakan Ms. Office Excel

  1. makasih gan …… aq udah download nih … eee…uecho buanget g puyeng ,cuman perlu di cek lagi pada keterangan lulus/tidak lulus

    • makasih udah download, tapi masih ada kesalahan di Aplikasi Korektor v.1, v.1.2, dan v.1.2.1 dan baru terdeteksi sekarang (06-03-2012) Jadi kalo jumlah siswa anda lebih dari 40 mohon untuk mendownload kembali Aplikasi Korektor v.1.2.2 di sini

  2. mungkin krn kurang AENGAN kok msh kekurangan di sana sini.

  3. Mas Cul…! wah gimana nich q udah isi semua datanya koreksinya tapi setelah dibuka di komputer lain dengan office 2007 g’ bisa juga

    • Berarti ada beberapa hal yang perlu disetting di Ms Office anda, untuk penjelasan lebih lanjut mungkin setelah ini akan saya buat tutorialnya, terimakasih sudah berkunjung ke situs kami.🙂

    • Betul mas, dulu saya juga dapat dari internet dan saya tambahkan beberapa sheet sesuai dengan kebutuhan sekolah saya. Sumbernya juga lupa, tapi kalau tidak salah dari wilayah sekitar Sumatera. Terimakasih udah berkunjung.

  4. saya mau gan…aplikasinya…tapi saya gak bisa downloadnya, saya saya coba berkali-kali…try again mlulu….kalau refres download….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s